Selasa, 30 April 2013

Kualitas Karya Tulis ditentukan oleh Beberapa Aspek




  • Topik yang Menarik

Sebagai seorang penulis, entah itu untuk media cetak (buku, novel, majalah, dll) atau online (blog, website, forum, dll), mungkin pemilihan topik ini tergantung dari si penulis itu sendiri. Dikarenakan tiap penulis punya hak azasi tersendiri untuk membuat karya tulisnya. Hanya saja di dunia kepenulisan, kita tidak akan pernah lepas dari adanya pembaca sebagai penikmat karya tulis kita. Jika seorang penulis mampu untuk memilih topik yang menarik, kemudian merangkai tulisannya dengan bagus dan tentunya sesuai topik, maka pembaca akan merasa nyaman menyimak sebuah karya tulis dari awal sampai akhir.

Panjang pendeknya sebuah karya tulis, tidak menentukan kualitas tulisan tersebut. Karya tulis yang pendek tetapi diuraikan dengan jelas, padat dan bermanfaat, pasti akan lebih dihargai daripada karya tulis yang panjang tetapi terlalu bertele-tele dan tidak jelas apa maksudnya. Jelas, padat dan bermanfaat, adalah syarat penting dalam membuat sebuah karya tulis yang baik dan menarik. Dan untuk membuat sebuah karya tulis yang baik, seorang penulis harus memilih topik yang menarik hatinya. Akan sulit sekali jika seorang penulis membuat karya tulis yang dia sendiri tidak tertarik terhadap topik yang akan dibahas.

Setelah penulis menemukan ide yang akan dijadikan topik yang menarik, langkah selanjutnya adalah mengajukan pertanyaan pada diri sendiri sebagai berikut:

Mampukah saya menulis topik ini?
Apakah saya menguasai materi yang akan saya tulis?
Adakah literatur yang bisa didapat untuk melengkapi tulisan saya?

Jika 3 pertanyaan itu sudah mampu dijawab oleh si penulis, maka segeralah untuk merangkai tulisan berdasar topik yang sudah dipilih. Namun jika belum mampu untuk menjawab atau masih ragu-ragu, alangkah lebih baik untuk mencari topik yang lain. Menulis sesuatu yang tidak kita kuasai atau bahan literaturnya sulit didapat, akan menyebabkan karya tulis kita selesai dalam waktu yang lama atau bahkan tak kunjung selesai. Andai kita paksakan untuk menulis tanpa penguasaan dan literatur, pasti hasil karya tulis kita menjadi tulisan yang dangkal, mengambang dan kurang bermutu.

Untuk membuat topik menjadi semakin menarik, penulis juga harus mampu memberikan batasan topik yang akan ditulisnya. Jangan karena ingin tampak berwawasan luas, sehingga kita memilih topik yang justru terlalu umum dan belum dikuasai. Misalnya topik "Perencanaan Pembangunan di Indonesia tahun 2012" mungkin terlalu umum, maka bisa dipersempit menjadi "Perencanaan Jalan di Kota Surabaya Untuk Mengatasi Macet". Topik yang lebih spesifik akan lebih memudahkan penulis dalam mengulas materi secara lebih detail. Dan tentunya bagi pembaca akan lebih merasa puas, jika yang dibacanya adalah tulisan yang diulas secara gamblang dan mendalam.

Sehingga untuk memilih topik sebuah karangan, tulisan ataupun cerita, seorang penulis perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Pilih topik yang menarik untuk dijadikan bahan tulisan.
Menguasai topik yang akan ditulis.
Literatur atau bahan pelengkap mudah didapat untuk dipelajari.
Membatasi topik agar lebih spesifik.



  • Mudah dipahami oleh pembaca

Artinya maksud dari karya tulis yang kita buat dapat tersampaikan dan dimengerti dengan baik oleh pembaca. Mudah dipahami atau tidaknya oleh pembaca dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya adalah :

· Penulisannya

Penulisannya simple, padat dan berisi. Maksudnya tidak terlalu banyak tulisan yang membuat pembaca menjadi jenuh dan bosan sehingga membuat pembaca tidak tertarik lagi untuk melanjutkan membaca.

· Gaya bahasa

Menggunakan gaya bahasa yang baik dan benar, tidak menggunakan bahasa asing (tidak dimangerti oleh pembaca) seperti bahasa gaul, alay, dll.

· Cara penyampaian

Menyampaikan maksud dari karya tulis kepada pembaca tidak berbelit-belit dan berfokus kepada inti pembicaraan.



Sumber :
http://arie5758.blogspot.com/2012/06/pemilihan-topik-untuk-karangan-tulisan.html
http://adhit-ambrosia.blogspot.com/2013/04/kualitas-karya-tulis-ditentukan-oleh.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar